Pengertian Elektronika

Home » Daftar Isi » Pengertian Elektronika


kit pcb elektronika pengertian elektronika gokako elektro
Pcb Elektronika
Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit
elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.

Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan (piranti) elektronik ini: Tabung Sinar Katode (Cathode Ray Tube, CRT), radio, Tape Recorder, Amplifier, Salon Aktif, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dll

Sumber: Wikipedia

Definisi Elektronika Menurut Ahli Elektronika

Elektronika Menurut Fitrzgerald, Higginbotham dan Grabel;

“Electronics is the branch of Electronical Engineering which deals extensively with the transfer of information by means of electromagnetic energy.”

Artinya : Elektronika adalah cabang ilmu listrik yang bersangkutan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik.


Elektronika Menurut J. Millman;

“Electronics is the science and the technology of the passage of charged particles in a gas, in a vaccum, or in a semiconductor.”

Artinya : Elektronika adalah ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik didalam suatu gas atau suatu ruang hampa, atau suatu semikonduktor.


Elektronika Menurut E. Carol Young;

“The study, design, and use of devices that depend on the conduction of electricity through a vaccum, gas, or semiconductor.”

Artinya : Elektronika meliputi studi, perancangan dan penggunaan piranti-piranti yang berdasar hantaran listrik di dalam suatu ruang hampa, gas dan semikonduktor.


Elektronika Menurut H.C. Yohannes;

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti ("devices"=alat) yang asas kerjanya ialah aliran elektron dalam ruang hampa atau gas (seperti dalam tabung-tabung radio) dan aliran elektron dalam semipenghantar (seperti misalnya dalam transistor).

Berikan Nilai untuk artikel ini

Terimakasih sudah membaca artikel Kami, jangan lupa klik suka, bagikan, kirim dan tinggalkan komentar dibawah,,,, :)





Facebook ShareFacebook LikeTwitter Share

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Seri dan Paralel Resistor

Reparasi TV LG 21" Suara Bisu Model 21FL1RG-TS IC LV1116V

Tabel Kode Warna Resistor